Alat Tulis Kantor adalah berbagai macam produk alat tulis kantor dan berbagai perlengkapan dan kebutuhan kantor yang biasa disediakan di perusahaan perusahaan. Ruang lingkupnya meliputi : alat tulis, office furniture, office equipment, kebutuhan rumah tangga, filling dan dokumen sistem, dan masih banyak lainnya. Manajemen alat tulis kantor merupakan hal yang esensial terlepas dari besar kecilnya bisnis yang Anda jalankan. Hal ini karena toh Anda tidak mau kan kalau ternyata terjadi pemborosan kecil tapi terus-terusan hanya karena tidak teratur dalam mengelola alat kantor? Nah, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan agar kantor lebih efisien memanfaatkan alat tulis kantor.
-
Planning Tahunan
Adalah hal yang sangat bijaksana apabila Anda melakukan perkiraan jumlah alat tulis kantor yang dibutuhkan setiap karyawan atau setiap divisi yang bergerak di kantor. Hal ini terutama sekali untuk kantor yang mempekerjakan cukup banyak karyawan. Dengan perencaan yang matang secara tahunan, Anda bisa melakukan pemesanan alat tulis kantor dengan jumlah yang langsung banyak sekaligus dan oleh karena itu kemungkinan besar bisa menghemat karena agen supplier biasanya akan memberikan diskon yang cukup signifikan pula.
-
Pemilihan Produk yang Tepat
Tips berikutnya ialah dengan selalu memilih produk-produk yang tepat untuk kantor Anda. Jangan sampai karena berpikir bahwa jenis produk yang sama akan selalu bisa berfungsi untuk segala hal. Misalnya saja, map pun memiliki model dan jenis berbeda untuk setiap kebutuhan dan tidak bisa selalu menggantikan peran satu sama lain. Pastikan Anda mengenali nama-nama produk sesuai dengan bentuk/gambarnya sebelum membuat daftar pesanan sehingga tidak berakhir dengan adanya pembelian alat tulis kantor yang tak berguna.
Alat Tulis Kantor
-
Fokus Pada Kualitas Sebagaimana Kuantitas
Tidak hanya fokus pada jumlah barang yang harus dibeli, Anda juga sebaiknya memperhatikan faktor kualitas dari alat tulis kantor. Minimal ialah bahwa barang yang dibeli mampu bertahan lebih lama dan awet sehingga lebih efisien dalam pembelanjaan jangka panjang. Pastikan harga yang dibayarkan sepadan dengan kualitas yang diberikan produk. Selain itu, untuk jenis alat tulis tertentu, tidak ada salahnya memilih yang sudah memiliki merk terkenal sedari dulu atau bahkan yang berani memberi garansi.
-
Siapkan Budget Untuk Refill
Merupakan hal yang wajar apabila perencanaan persediaan alat tulis di awal akan selalu berhasil. Bisa jadi Anda salah kalkulasi, proyek yang waktu pengerjaannya ternyata butuh waktu lebih lama, atau terjadi penambahan karyawan. Oleh karena itu, masukkan pula pada perencanaan alat tulis kantordana spekulasi untuk budget refill beberapa barang yang sudah habis dahulu di pertengahan tahun.
-
Dorong Penggunaan yang Bertanggung Jawab
Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam hal manajemen alat tulis kantor ialah untuk selalu menekankan karyawan agar bijaksana dan bertanggungjawab dalam menggunakannya. Hal ini bisa dengan cara lebih menerapkan konsep kantor ramah lingkungan dimana karyawan mendapat pemahaman bahwa penggunaan alat tulis kantor—kertas-kertas terutama—yang berlebihan tidak hanya membebani biaya produksi yang tidak efektif, tetapi juga dapat berkontribusi pada kerusakan lingkungan.
Alat Tulis Kantor
Kata kunci Artikel : alat tulis kantor| jual alat tulis kantor| jual alat tulis kantor murah| toko alat tulis kantor online| distributor alat tulis kantor| harga alat tulis kantor murah| alat tulis kantor di Jakarta
- Aug 08, 2017
- 0